Minggu, 22 Mei 2011

Sisa Adonan Martabak

pernah ngalamin kelebihan adonan pas saat bikin martabak manis? kalo simpen dikulkas terus dibikin lagi besoknya bisa ga ya??

pertanyaan ini juga sering nongol dikepala, dan ternyata ada yg sharing di milis, katanya bisa..! wwoooww.. hebbat banget yya milis NCC ini, sagala aya..

mau tau gimana caranya?? sook atuuh intip di bawah:

"sisa adonan martabak dapat disimpan di kulkas dan dipergunakan kembali esoknya. caranya, adonan dikeluarkan dari kulkas dan di thawing (diamkan sementera sampai mencapai suhu ruang). setelah itu, tambahkan baking powder dan soda kue yg dicampur dgn 1sdm air. Aduk rata. Adonan dapat kembali dimasak".

eia, ini ada testimoni dr temen milis yg dah ngebuktiin cara ini:

Dari: lingga_s@***
Judul: Re: [NCC] Help Urgent
Kepada: naturalcookingclub@yahoogroups.com
Tanggal: Minggu, 22 Mei 2011, 8:35PM

aku kutip sepenggal aja yaa

"Bisa mb. Saya jg wkt itu masuk kulkas aja. Pdhl adonan jg sdh pake soda kue. Bsk paginya saya buat lagi setelah dikeluarkan beberapa saat dan ditambah soda kue + baking powder + 1sdm air. Hasilnya... malah keliatannya lebih bersarang :D"

ayooo.. semangat lagi buat martabak maniss... semanis dirikuuuww... jiahaaha lebay modeon

7 komentar:

  1. Terima kasih infonya.. Saya sempet deg2an mau simpen sisa adonan dalam kulkas, takutnya malah mubazir ga bisa dipake lg.. :)

    BalasHapus
  2. kalo setelah keluar dari kulkas lgs di.masak.tanpa tambah soda bs ga.y

    BalasHapus
  3. Ada solusi lain g ya kl punya sisa adonan apakh bs dikukus atodibikin camilan lain ato hrs mrtbk manis lg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dikukus, tambah pisang yg udah dihaluskan,jadi bolu pisang kukus kayaknya mba

      Hapus
  4. Frezer apa pendingin biasa ya

    BalasHapus
  5. Terima kasih info nya ,,,semoga membantu .soal nya saya punya sisa adonan martabak manis tapi saya ragu apa boleh dsimpan di kulkas.ternyata boleh ya.tapi dengan aturan main nya.🙏

    BalasHapus