Senin, 09 Mei 2011

Air KIE dan Air Kapur Sirih

Dapat info dari mb Fatmah Bahalwan, founder NCC tentang air KIE dan Kapur Sirih. Terkadang ada beberapa resep yg menggunakan air tsb. So, semoga sih info ini berguna jg buat yg lain.

Berikut copas-annya ya:
"Air KIE adalah salah satu bahan cair yg bisa digunakan untuk mengenyalkan mie dan membuat warnanya sedikit lebih kuning. Air Kie juga biasa digunakan untuk campuran pembuatan bacang. Dulu Air Kie atau air abu ini dibuat secara tradisional dengan merendam abu merang dengan air. Setelah abu mengendap, diambil airnya. Jadilah Air Abu.
Air kapur sirih, biasa digunakan untuk mengencangkan adonan kelepon dan sebangsanya, buah- buahan untuk Es Cocktail, dan lain lain.
Cara membuat air kapur sirih mudah saja. Campur 1sdm kapur sirih dengan 500ml air, aduk rata. Diamkan hingga kapur sirih mengendap dan terlihat air dibagian atasnya bening. Bagian air bening inilah yang disebut air kapur sirih.
Jadi harap diingat, air kapur sirih yg digunakan adalah airnya saja. Jangan sekali-kali menggunakan kapur sirihnya, krn akan menyebabkan hasil makanan terasa pahit."

semoga berguna yaa..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar