Kamis, 30 Desember 2010

Tips Membuat Bolkus Ketan Hitam

konon bolu kukus ketan hitam itu ennaak pisan.. deuuh jeung bahasamu.. hihii.. soalnya lom pernah nyoba juga, tpi testimoni-nya dh banyak banget seliweran di milis. sampe dirangkumkan tipsny jg sma ci' shirley - paiton. biar ga lupa nanti kalo mo bikin, yo wiss masukkin aja disini.

resapi baik baik yaa:
source: ci' shirley

@ pake santan yang Kara, jangan yang Sun Kara. Alasan: yang Kara santannya kental dan konsistensinya bagus (tidak misah antara bagian krim dan cairannya). Hasilnya lebih legit. Ada yang kemasan 200 ml, pas untuk satu resep. Pake santan segar enggak recommended kecual sudah direbus sampe matang dan diambil hanya yang kanilnya saja *(pheew.. ribet, meding pake santan instan ya..) *dapur chantique's comment

@ kocok adonannya spt sponge cake, harus sampe kental berpita

@ ada 2 jenis tepung ketan hitam, yang satu masih ada butir2 halus yang kletis kalo digigit, ada yang super fine bener2 tepung. aku lebih suka pake yg kedua karena sifatnya sama dengan terigu. untuk memasukkan udara lebih banyak, ayak dulu 1-2 kali, lalu waktu memasukkan tepung juga dengan diayak.

@ jangan panik waktu memasukkan minyak dan adonan jadi kayak cair banget. selama minyaknya tercampur rata dg adonan, tidak akan bantat.

@ samping loyang jg dipoles lemak/ditaburi terigu. Biarkan saja supaya adonan bisa nempel di didinding loyang, jd bagian samping enggak melorot.

@ Panaskan air kukusan sampe beruap banyak, lalu matikan api saat kita memasukkan loyang berisi adonan (spy tidak ketetesan air). Lakukan dengan cepat supaya uapnya tidak lenyap semua.

@ kukus dengan api sedang saja

@ bungkus tutup dandang dengan kain/taplak meja,biar ga netes airnya ke adonan

@ mengukusnya sampai 40 mnt supaya matang benar.

naah.. sekarang tinggal bikin bolkus ketan hitam nya deeh.. kan ilmunya dh dikantongin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar